Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Wednesday, July 24, 2013

membuat link internal dan external seo friendly

Menangani link agar lebih SEO Friendly pada halaman blog harus mengetahui nilai link internal dan link external pada halaman blog. Orang banyak berpikir untuk membuat halaman blog itu agar SEO friendly hanya memikirkan artikel dan backlink serta berbagai artikel yang bermutu dan lain sebagainya tanpa pernah memikirkan atau mengetahui jenis link yang ada pada halaman blognya. Dalam postingan kali ini saya akan membuka suatu rahasia yang dapat mempengaruhi sistem SEO pada halaman blog, yaitu mengontrol nilai link external ataupun link internal. Saya melihat banyak teman teman bloger yang tidak memikirkan hal tersebut tapi pada dasarnya tetap membahas hal mengenai SEO Friendly. Sebenarnya membangun halaman blog agar lebih SEO Friendly ada beberapa kriteria ( Saya akan menjelaskannya pada postingan saya satu persatu ) yang harus kita pahami dan sudah merupakan suatu kunci dasar atau pondasi dasar pada pengoptimalan mesin pencari atau Search Engine Optimation. Salah satu kunci dasar yang akan saya bahas dalam postingan ini adalah link Internal dan link External. Saya membahas atau membuka rahasia ini buat anda terinspirasi salah seorang sahabat saya yang memang dia lebih suka bertanya langsung daripada meraba raba, saya suka dengan hal itu. ( Kejujuran adalah suatu keuntungan tersendiri buat kita ). Saya sendiri akan membahasnya satu persatu agar anda lebih memahami tentang apa itu link external dan link internal.


Link Internal

Link internal adalah suatu tautan atau link yang mengarah ketubuh halaman itu sendiri. Link internal ini biasa ditemui pada postingan halaman dimana artikel yang telah kita posting tertaut dengan artikel lainnya yang saling berhubungan. Link internal ini juga sering didapati pada halaman awal postingan dimana tampilan dari jumlah artikel yang telah dimunculkan pada halaman depan atau homepage akan terhitung pada link internal blog tersebut. Pada tampilan widget post populer dan widget entri populer hal ini juga dihitung sebagai link internal dalam halaman blog. Ada juga script yang pada kenyataannya link yang terkandung didalamnya akan terhitung sebagai link internal tapi tidak semua script yang memiliki link yang terhitung. Link pada tag html menu navigasi halaman blog juga akan terhitung sebagai link internal blog. Sturktur penulisan code jenis link internal itu adalah :

http://rivai-silaban.blogspot.com/ bla.. bla... bla..

Mengendalikan jumlah link Internal blog

  1. Kurangi artikel tertaut pada tubuh halaman itu sendiri.
  2. Kontrol jumlah widget yang menampilkan jumlah postingan halaman blog
  3. Kontrol link dengan REL " Nofollow "


Kesimpulan Link Internal

Jumlah link internal yang telah disepakati agar lebih SEO Friendly pada halaman blog hanya berkisar maximal 100 link internal. Manfaatkan sebaik baiknya link yang ada pada tubuh halaman blog agar lebih mudah dikendalikan untuk meningkatkan kualitas halaman blog tersebut lebih SEO Friendly.



Link External

Link External adalah suatu link atau tautan yang menuju situs web ataupun blog lain ( bukan diri sendiri ). Link external ini sering kita lihat pada widget sosial media baik itu berupa Share ataupun follow & like sosial widget, semua link yang terkandung pada widget ini akan terhitung sebagai link external. Pada umunya blog dengan sistem REL " Dofollow " akan terhitung sebagai link external dimana semua link yang ada pada halaman tersebut akan menjadi link Juise pada halaman yang dituju. Tautan artikel yang tertuju ke halaman blog lain akan terhitung juga sebagai link external. Credit link pada template akan terhitung sebagai link External ( Tapi saran saya credit link atau link template pembuatnya jangan sekali kali anda hapus sebab anda hanya dianggap sebagai pecundang menurut saya dan saya dengan tegas menyatakan tidak menyukai orang yang semacam ini !! )Sturktur penulisan code jenis link external itu adalah :

http://domain-blog-lain.blogspot.com/ bla.. bla... bla..

Mengendalikan jumlah link External blog

  1. Kontrol link tertaut pada halaman lain
  2. Kontrol jumlah widget sosial media dll
  3. Kontrol link dengan REL " Nofollow "
  4. Blog " Nofollow " adalah alternatif menangani link external ini.


Kesimpulan Link External

Jumlah link internal yang telah disepakati agar lebih SEO Friendly pada halaman blog hanya berkisar maximal 20 link external saja, jadi anda sebaiknya pintar pintar dalam hal menangani masalah link external ini agar halaman blog anda lebih ramah terhadap mesin pencari. Blog sistem NOFOLLOW adalah solusi terbaik untuk menangani hal ini.

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Rivai Silaban Update pada : 2:26 PM

14 comments :

  1. ini dia mas yang sampai sekarang saya belum tau

    bisa di perjelas gak mas ,,,

    gimana cara ngatasi link external ...

    ReplyDelete
  2. link external itu adalah link yang keluar dari blog kamu, coba hitung semua link yang keluar diluar dari domain blogmu.
    cth url blog saya : http://rivai-silaban.blogspot.com/
    jadi semua yang bersangkutan dengan http://rivai-silaban.blogspot.com/bla bla bla adalah link internal ini batas sampe 100 link
    kalo untuk link external itu linknya diluar link blog saya ( http://rivai-silaban.blogspot.com )
    contoh : http://blog orang lain.blogspot.com.
    semua yang bersangkutan dengan link diluar link blog saya seperti http://rivai-silaban.blogspot.com itu adalah link external, jadi kurangi link diluar URL blog kamu kalo bisa menjadi batas 20 link saja.

    ReplyDelete
  3. ini nih infonya yang ditunggu-tunggu, karena banyak nih tips di mbah google yang simpang siur perihal internal dan external link. Saya mau nanya nih lae :
    1. Ada beberapa tips (dari master blogger yang blognya udah mapan dari sisi pageviews dan pagerank) yang mengatakan bahwa SEO itu penting, namun setelah saya cek di chkme.com malah SEO nya baik homepage maupun post page amburadul (acuan saya untuk SEO adalah chkme.com meskipun ada situs SEO checker lain yang lebih baik). Bagaimana kira-kira yang begini ini ?
    2. Ada beberapa situs SEO checker lain (saya lupa nama web dan url nya), yang menyatakan bahwa internal link sangat mempengaruhi kualitas dan SEO suatu blog, jadi dengan memperbanyak tautan internal akan memudahkan Google untuk menjelajahi semua konten blog (navigasinya). Ini juga didukung oleh beberapa blogger yang udah lama berkecimpung. Nah itu gimana nih ?
    3. Mengenai eksternal link, saya pernah baca beberapa tips blog, termasuk blog luar negeri, yang menyatakan bahwa membangun link (link building) diindikasikan dengan seberapa banyak link yang masuk ke blog. Ini juga berkaitan dengan backlink (tentunya link yang berkualitas). Hanya saja teknisnya beda-beda, ada yang dengan tukaran link (link exchange), ada yang menanam link saat blogwalking (baik link hidup maupun link mati), ada juga yang anchor text. Nah, yang ini gimana ya ?

    Trims infonya, info ini sangat penting buat nubie seperti saya, supaya gak simpang siur, jadi kayak si suar sair, hehehe....ditunggu balasannya ya lae...

    ini blog saya : http://meningkatkan-usaha.blogspot.com (email : robenito001@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thx atas pertanyaannya ...

      Yang penting untuk lae ketahui bahwa saya hanya seorang blogger yang masih newbie alias masih sebutir debu didunia internet ini khususnya blog, heheh jai saya kurang cocok menjawab pertanyaan lae itu, tapi akan saya coba menjawab melalui apa yang pernah saya alami.

      soal pertanyaan pertama ( no 1 )
      Kematangan suatu blog baik itu dari pageviews dan pagerank harus dinilai dari lamanya domain yang telah dia pakai atau banyaknya tautan bersangkutan dengan domain tersebut, sehingga memiliki pageviews dan pagerank yang tinggi, hal ini dapat mengangkat nilai SERP domain tersebut pada aplikasi search engine. Sehingga penghitungan pada logaritma suatu sistem yang sering disebut dengan SEO tidak terlalu menampilkan nilai nilai yang akurat alias hancur abang bilang.

      Kesimpulan :
      Hal ini merupakan salah satu alternativ dari sistem SEO untuk meningkatkan jejak recording suatu artikel pada domain tersebut di search engine. Artikel diumpan pada suatu grup, sosial media, pengikut blog, dll yang memang memiliki member yang besar sehingga mempunyai pageviews yang banyak juga, akibat banyaknya yang membuka artikel tersebut secara otomatis nilai URL pada search engine blog tersebut ikut meningkat. ini merupakan trik yang sederhana dan jitu dan hal ini patut lae contoh, tapi hati hati jangan menjadi spammer.
      Berbicara soal pagerank ada 2 alternatifbaik itu dari segi kecurangan dan halal sebab sistem google menganalisa sesuatu situs itu memakai sistem BOTS atau Crawl dengan sistem spaider ( otomatis bkan jasa manusia ) jadi dapat kita manfaatkan dengan sistem tukar link atau membeli ruang untuk link situs kita pada suatu situs yang memiliki nilai ranking yang tinggi. Tapi soal pagerank ini saya hanya menganjurkan untuk para bloger agar om google diberi kebebasan dalam hal ini, alias sabar saja tidak perlu terlalu banyak mikirkan itu, coba di cek blog yang sederhana ini, PR saya belum ada. berarti saya hanya orang yang bodoh hehehehh :). Untuk PR hati hati, sebab hal ini sangat sensitiv om google banyak mengecewakan orang karena di Banned sebab PR situs tersebut diperoleh dengan hasil yang express.

      Untuk pertanyaan 1 menurut saya jawaban ini yang saya ketahui sebab saya masih bodoh didunia internet ini, ( masih perlu didikan seorang guru besar )

      Delete
    2. Untuk menjawab pertanyaan yang kedua..
      Soal internal link dan external link pada suatu halaman blog saya sudah dengan jelas menjelaskannya paa postingan ini. soal para pakar blog mungkin mereka paling benar ketimbang saya, postingan diatas saya ambil ari pengalaman saya yang tidak seberapa ini dan saya posting. Internal link pada suatu halaman situs hanya diperbolehkan 100 link saja dan untuk link masuk ( External link ) hanya sebatas 20 link saja agar tidak meningkatkan nilai link Juicer pada link yang bersangkutan. Untuk sistem perayapan google lebih senang melihat blog sistem nofollow ketimbang dofollow sebab spaider pada sistem goole lebih mudah memahami suatu situs yang memiliki link external dan link internal yang standart sebab logaritma dari hasil penelusuran suatu artikel lebih tepat. pada sistem SEO banyak hal yang memang harus dipertimbangkan, mungkin asumsi para bloger yang handal memiliki suatu link internal dan external hanya memacu terhadap tingginya PR situsnya dimana suatu situs yang memiliki PR tinggi akan memiliki nilai SERP yang tinggi pula di search engine.

      Kesimpulan saya..
      Alternatif yang dibuat pada pertanyaan ke 2 diatas merupakan alternatif untuk menapatkan suatu PR yang tinggi, dimana suatu kenyataan bahwa memiliki PR yang tinggi pasti memiliki nilai SEO yang tinggi pula , tapi menurut saya hal ini tidak terlalu seserius pernyataan tersebut, dimana sebuah hasil PR tidak menjadikan suatu kategori yang paling utama dalam nilai SEO, sebab sistem SEO bukan segampang itu, kalolah hal SEO hanya mengandalkan PR saya rasa setiap pencarian suatu keyword yang muncul hanya situs situs yang ber PR tinggi tadi, padahal kalo coba anda ketikkan keyword " widget subscribe " pada google saya rasa blog saya tidak akan pernah muncul bila memang hanya mengandalkan PR saja sebab PR blog saya masih nol besar..

      Delete
    3. Untuk pertanyaan ke tiga jawaban yang kedua merupakan jawabannya juga sebab tujuannya sama, Inti jawaban saya dari pertanya ke tiga adalah semakin banyak memiliki tautan dari situs lain ( yg berkualitas ) pada situs kita akan meningkatkan nilai PR blog kita.

      untuk pertanyaan lae hanya jawaban yang diatas yang saya ketahui dan pernah saya alami, soal ketepatannya mungkin teman teman yang lain yang lebih tepat untuk membahas hal ini sebab saya bukan ahli melainkan hanya orang bodoh dan masih newbie pula seperti lae, malah sebaliknya lae lebih hebat ketimbang saya, sebab blog lae mantap... heheheh :)

      thx atas kunjungannya dan pertanyaannya yang menbuat saya seperti komentator hebat padahal tidak ada apa apanya ...

      salam kenal dari saya pribadi
      Owner Blog Design.
      NB : bila senang dengan artikel dan blog ini silahkan gabung bersama kami klik " join to member " diatas.

      Delete
  4. wah, trims responnya lae, saya juga msih newbie ini, hehehe...makanya perlu banyak tanya sm yang udah duluan nimbrung di perbloggeran. Jadi kalau kuambil kesimpulan, perihal SEO memang tergantung dari SEO checkernya. Kalau sy indikatornya di chkme.com dan bing.com, biarpun blog gak jelas juntrungan arah blog sy itu, tapi lumayan bisa mengerti apa yg diinginkan. Contohnya, apa yg diperingatkan di chkme.com tidak menjadi patokan besar di bing.com, tp apa yang dipermasalahkan di bing.com jadi masalah besar di chkme.com. Trs apa yg dipermasalahkan bing.com belum tentu jd masalah di google webmaster tool, tp yg dipermasalahkan google webmaster tools benar-benar jadi masalah di chkme.com.
    Perihal google pagerank, sy malah agak2 gak percaya sm yang itu. Blog saya di http://mediainfomitra.blogspot.com dengan alexa rank 3jutaan pernah dapat pagerank 1 di google pagerank, padahal secara SEO jauh amburadul dan pageviewsnya lebih rendah di bandingkan dengan http://portaldinamis.blogspot.com, tp blog yg ini malah tidak pernah dapat pagerank sama sekali.

    Artinya, SEO kalau menurut saya tergantung poin-poin masalah pada daftar indikasi di masing-masing SEO checker.

    Oke lae saya cek-cek dulu ya blog saya, mampir-mampir lae ke blog ku, hehehe...siapa tahu bisa kasih penilaian sama kritik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya rasa lae lebih paham dari pada saya...

      okelah lae di cek trus biar makin mantap blognya..
      nanti saya akan kunjungi blognya lae, tapi soal ngasi saran saya belum mampu lae saya masih belajar juga..

      Delete
  5. kunjungan rutin sob,eh ada lagi yang menarik dan belum sempat kubaca nih.ada setengah jaman aq memahami artikel +komentarnya bolak balik naik turun kayak pendaki mas hehehe,harusnya komentar2diatas dapat disimpulkan menjadi satu artikel lagi nih.dan setelah cukup lama berusaha memahami akhirnya mau nanya juga sob.
    1.kenapa ya diblogku rata2internal dan eksternal link dihome ama diartikel koq beda ya?maksudnya dihome lebih banyak internal bisa 2ampe 3xlipat dibanding eksternal.tp dihalaman posting rata2banyak eksternalnya drpd internalnya.
    2.menurut sobat yang dibaca spider itu link halaman utama atau artikel sob?
    3.cara membuat link eksternal menjadi nofollow gimana nih

    maaf ya terlalu banyak tanya,habis setelah muter2diblog ini jadi semakin banyak yang belum kuketahui,melihat isi konten diblog sobat,harusnya blog ini dapat PR sekurang2nya PR 3 lawong blogku aja dapat PR1 koq.soalnya aq dapat inspirasi dari blog ini,kalau lagi ada waktu kunbal yasob

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh gitu ya.. ntar paham juga sob akhirnya, sabar aja...

      1. soal external dan internal link di halaman dan di postingan alasannya hanya satu, kalo di home page kan semua link ngak kelihatan sebab tidak memakai semua fungsi, jadi hanya fungsi internal saja sehingga link internal lebih menguasai, sedangkan di page ( halaman postingan ) semakin kebalikannya, sebab semua fungsi link yang terarah ke luar semakin banyak, ditambah dengan komentar.

      2. Semua perayapan link internal dan external dapat di kendalikan engan sistem robotext, agar spyder pada search engine dapat memahami bagian link mana yang akan dirayapi, itulah sebuah fungsi utama daro robotext. Jadi semua link yang berada di halaman dan di postingan akan dirayapi bila kita memberikan akses perayapan pada spyder.

      3 untuk membuat link dengan sistem rel nofollow silahkan lihat artikel dihalaman ini gan
      http://rivai-silaban.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-blog-menjadi-nofollow.html

      soal PR, hehehhe saya sangat jarang blogwalking gan dan tidak terlalu fokus untuk PR saya hanya lebih fokus pada semua konten, tapi memang Blog ini masih bulan 8 dibuat gan jadi masih batas wajarlah, kunci semua situs hanya berfokus kepada konten saja gan.. heheheh :)

      Delete
    2. wah gamblang banget penjelasannya.kupahami dikit2deh sob.terimakasih,oya aq mita solusi lagi nih entar kutulis keforum aja sob

      Delete

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog