Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Tuesday, September 10, 2013

mempercepat loading blog dengan compress html

Mengatasi beban loading blog merupakan hal yang penting buat para bloger, mempercepat loading dengan tool compress html adalah suatu solusi yang harus ditempuh. Buat para bloger yang sudah handal, hal ini sudah menjadi kewajiban buat mengatasi kerenggangan atau banyaknya ruang pada penulisan kode pada template mereka. Pada kesempatan kali ini saya akan membuka suatu rahasia yang sangat perlu anda perhatikan bila anda ingin bermain didunia web maupun blog. Buat para teman teman yang masih baru atau bahkan belum mengetahuinya ada baiknya anda harus lebih fokus terhadap masalah ini.

Faktor beban pada kode template


  1. Spasi yang berlebihan
    Pada penulisan kode dengan sistem tag html/xml maupun script kita sering tidak memperdulikan banyaknya ruang atau spasi yang tidak berguna pada suatu kode, pada penulisan kode jarak antara kode yang satu dengan kode yang lain atau baris kode tidaklah mempengaruhi suatu tampilan atau kinerja kode tersebut, sebab untuk mengatur jarak kita hanya cukup mengandalkan CSS untuk jarak tampilan suatu aplikasi jadi walaupun penulisan kode tersebut rapat / tanpa spasi hal ini tidak mempengaruhi kinerja kode tersebut bahkan lebih baik. Memang akibat dari rapatnya kode pada template membuat kita bingung bila suatu saat kita mengeditnya kembali. Sistem Bots pada mesin pencari selalu membaca semua kode pada suatu halaman dengan sangat teliti atau membacanya secara baris per baris, oleh karena itu bilamana kode pada template anda terlalu banyak spasi dalam hal ini sistem Bots pada search engine akan memakan waktu beberapa secon untuk membaca semua kode template anda. Coba anda bayangkan bila pada suatu template penulisan kode yang sembraut dan mempunyai jarak atau baris yang berlebihan.
    Sistem penulisan kode diuraikan dengan cara per satu huruf, jarak huruf yang satu dengan yang lain harus dekat atau tanpa spasi begitu juga dengan baris kode jarak baris kode yang atas dengan yang bawah dihitung tanpa spasi juga. Pemakaian spasi memang ada pada penulisan suatu kode tapi itu hanya untuk spasi kode pengidentifikasian antara kode yang satu dengan kode yang lain yang penulisannya hanya didalam ruang lingkup kode < .... > , diluar kode tersebut penulisan kode tidak memerlukan suatu ruang atau spasi lagi.

  2. Pengaruh spasi atau baris dari perintah kode CSS
    Tampilan kode tag HTML, XML ataupun script diatur oleh suatu perintah dari CSS suatu template. Para bloger sering tidak memperdulikan hal yang satu ini pada hal hal penulisan suatu kode atas perintah kode CSS sering menjadikan suatu tampilan memiliki suatu ruang yang berlebihan. Ada juga suatu kode CSS yang tidak berpungsi atau mempengaruhi suatu tampilan padahal kode CSS tersebut disematkan pada template.
    Pengaturan jarak pada suatu tampilan halaman web ataupun blog diatur oleh sistem penulisan koe pada CSS template banyaknya nilai desimal suatu jarak atau ruang pada suatu aplikasi web / blog akan tetap dibaca ataupun diuraikan sistem Bots mesin pencari. Pemakaian perintah kode " PADDING " dan " MARGIN " begitu juga dengan kode " <br/> " harus anda sesuaikan paling tidak di minimaliskan. Kode kode yang saya sebutkan diatas adalah suatu kode pengatur jarak tampilan. Pembacaan ataupun penguraian suatu kode di jalankan dari sebelah kiri ke kanan atau cara normal manusia membaca suatu tulisan, untuk sistem pembacaan bait, kode diuraikan antara baris per baris dimana baris yang paling atas yang terlebih dahulu di rayapi oleh sistem bots search engine baru lanjut dengan baris kedua begitu seterusnya.
    Oleh karena itu bila suatu kode CSS yang anda tuliskan selalu memakai jarak ataupun ruang yang berlebihan otomatis sistem Bots pada search engine selalu menguraikan semua kode baik itu ruang kosong ataupun tidak. Hal ini harus menjadi suatu acuan buat anda agar anda lebih teliti dalam menuliskan suatu kode CSS pada sebuah template sebab kode CSS yang anda tuliskan atau anda perintahkan tetap akan mempengaruhi suatu ruang pada tampilannya.


Solusi


Pada penjelasan diatas saya berasumsi bahwa anda sudah mulai memahami tujuan dari artikel yang saya posting kali ini, dimana penulisan suatu kode pada template dapat mempengaruhi loading suatu halaman web ataupun blog. Sebagai solusi dari penjelasan diatas, anda harus lebih teliti dalam menuliskan suatu kode pada template anda dan tetap memperhitungkan suatu jarak ataupun ruang pada suatu tampilan halaman.
Sebagai solusi yang kedua ada baiknya anda selaku bloger mania memakai sistem compress atau pengecilah nilai jarak suatu kode atau tampilan. Hal ini dapat anda lalukan dengan cara manual bila anda suah memahami kode kode penulisan tag html/xml maupun script, tapi bila anda belum memahaminya saran saya ada baiknya anda memakai jasa atau tools geratisan yang khusus untuk mengecilkan nilai suatu kode yang biasa disebut dengan " COMPRESS HTML/XML " aplikasi ini sangat manjur untuk meminimaliskan penulisan jarak antar kode yang paling cepat dan praktis tanpa pusing membaca atau mengedit suatu kode template anda. Aplikasi yang geratisan yang saya sudah coba dan memang hasilnya bagus dengan memakai jasa dari :


  • http://www.textfixer.com/html/compress-html-compression.php
  • http://www.htmlcompressor.com/compressor/

Referensi Artikel


  • 10 Faktor memperlambat loading blog
  • Cara mengetahui kecepatan loading blog

Kesimpulan

Buat para bloger kecepatan loading halaman blog merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, agar tidak membuat suatu kejenuhan buat para pengunjung halaman blog.

Mempercepat loading blog dengan compress html
Selasa, 10 September 2013
By : Admin Blog Design | Rivai Silaban

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Rivai Silaban Update pada : 11:26 AM

11 comments :

  1. klo misalnya kita mo compress template blog sekalian, bisa gak bang? thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sob, asal kode yang bersangkutan dengan html silahkan di compress..

      Delete
  2. thank's info dan tutorialnya gan,.

    ReplyDelete
  3. Saya mau tanya gan, apa metode compress html seperti diuraikan di atas bisa juga diterapkan pada blog Wordpress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga sob soalnya worpress memakai code html juga, tapi memang untuk worpress codenya lebih ringan dari blogspot sebab wordpress memakai kode php bukan xml, dan pada sistemnya wordpress tidak memakai sistem download untuk membuka suatuhalaman bukan kayak blogspot yang setiap membuka halaman tetap download sob..

      Delete
    2. "Pada sistemnya wordpress tidak memakai sistem download untuk membuka suatuhalaman bukan kayak blogspot yang setiap membuka halaman tetap download sob."

      Maksudnya wordpress tidak memakai sistem download gimana ya kang? Terus kalau tidak memakai sistem download, memakai sistem apa kang?

      Apakah cara mempercepat loading blog itu hanya dengan mengcompress html/css dan tadi juga saya baca di blog lain untuk menghilangkan widget/script yang tidak perlu saja? Kira-kira ada cara lain ndak kang?

      Blog saya masih berat ni,,, :/ Saya baru 1 bulang bikin blog, saya masih perlu banyak belajar. :) Mohon bimbingannya ya kang.

      Delete
    3. secara garis besarnya, php memakai fungsi regional untuk menampilkan setiap situsnya, sedangkan blogspot yang berbasis html/xml harus menampilkan semua kodenya. untuk menampilkan php saat browsing semua code pada hosting hanya di terjemahkan oleh sebuah fungsi untuk di tampilkan, sedangkan basic xhtml harus menownload dulu codenya pada server blogspot untuk ditampilkan, kira kira demikian garis besarnya gan,

      Untuk mempercepat loading blog banyak faktor yang kita perhitungkan, mulai dari code, widget, CSS, dan tampilan layoutnya sendiri, atau bidang resolusi, begitu juga dengan META TAG,

      Delete
    4. Owh gitu.... :) Kalau pendapat akang, blog saya sudah fast load belum? Terus kira-kira apa lagi yang harus saya optimasi kang? Mohon reviewnya ya... Hehehehe

      Delete
  4. makasih gan tips nya
    kunjungi blog saya juga ya gan http://bloger-kmc.blogspot.com/

    ReplyDelete

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog