Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Monday, April 22, 2013

ULAON APOSTEL 11:15-18

Patujolo
ULAON APOSTEL 11:15-18
Buku Ulaonni  Apostel on ima udut  ni Evangelium Lukas. Si Lukas halak Siria nasian Antiokia na gabe siihuthon Jesus Kristus dung umbege jamita ni ApostelPaulus na pola dipasahat Apostel Paulus tabena tu ibana (Kolosse 4 : 14)Manongos tabi tu hamu pandaoni Lukas haholongan i , dohot si Demas. BukuEvangelium Lukas dohot buku Ulaon ni Apostes na ditongos panurat Lukas tu si Theofilus( Lukas 1 : 1  Ulaon 1 : 1 ) Theofilusnadi goari NASANGAP. Nunga diboto siTheofilus taringot tu hapaorseaon (iman) ni halak Kristen alai asa haru dasippangantusionna, ido alana umahen ditongos si Lukas suratna on na pola dipajojoribana parmulaan ni haKristenon i sian mulai hatutubu ni si Johannes Pandidi ,hatutubu ni Tuhan Jesus, sahat ro di natarhurung Apostel Paulus di huta Rompola 2 taon lelengna hira hira taon 61 A.D.  EvangeliumLukas dohot Ulaon ni Angka Apostel sasintongna ndada dua buku alai sada buku doi dibagasan dua bagian. Buku Ulaon ni Apostel disurat si Lukas andorang so taon90 A.D. patar dipatorang di bagian parpudi taringot tu HAMONANGAN NI BARITANA ULI na tinariashon ni Apostel Paulus di Roma na so pola adong pangambatilaho mamaritahonsa. BukuUlaon ni Apostel napapatarhon KATOLISISMA (UMUM ) paboa na so adong beparasingan ni halak Kristen na ro sian Jahudi dohot halak Kristen na ro sian naso Jahudi ima na dipapatar di RAPOT BOLON NA DI YERUSALEM (Ulaon 15:).  Jadi, tujuan ni panurat Lukasmenjembatani jurang pemisah antara ni halak Kristen na sian Jahudi dohot halakKristen na so sian Jahudi na gabe hapataran ni perkembangan na wajar sianpanghobasion ni Tuhan Jesus. Jala I do naneg idaonta di bagasan turpuk on,

   Hatorangan

Di Ulaon Apostel 10dibaritahon do taringot si Petrus na mandidi si Kornelius, sahalak Klonel nasian Italia. Peristiwa on terjadi di Kaisarea, ibukota Yudea di bawahpemerintahan Romawi. Kaisarea mempunyai penduduk campuran. Kornelius sahalakketurunan sian non-Yahudi yang dikenal sebagai ‘orang-orang yang takut akanAllah’, yang dalam konteks ini mengacu pada orang nonYahudi yang beribadahkepada Allah Israel. Setelah berkhotbah kepada Kornelius di rumahnya, Petrusmenyuruh mereka dibaptis.Kabar ini terdengar kepada para rasuldan orang-orang percaya lain di Yudea. Ketika Petrus tiba di Yerusalem,orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia denganmenuduh Petrus telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makanbersama-sama dengan mereka (11:2-3). Menurut hukum Yahudi, perbuatan ini tidakdapat dibenarkan (10:28). Orang-orang Kristen dari golongan bersunat itumempermasalahkan hal ini. Petrus pun menjelaskan alasannya membaptiskan Kornelius. Jadi, teks ini adalah bagian kelanjutan dari penjelasan Petruskepada orang-orang percaya yang bersunat di Yerusalem.Petrus menceritakan bahwaalasannya menerima Kornelius adalah karena Tuhan telah membuka jalan bagibangsa-bangsa lain. Tuhanlah yang menyuruh Kornelius untuk memanggil Petrus.Tuhan jugalah yang menyuruh Petrus untuk pergi ke rumah Kornelius. Melalui tigakali penglihatan makanan haram, Petrus diingatkan bahwa apa yang dinyatakanhalal bagi Allah tidak boleh dinyatakan haram. Ini terjadi untuk mengubah polapikir Petrus yang masih cenderung sempit memandang sasaran pekabaran Injil.Petrus akhirnya sadar bahwa dia tidak boleh menyebut orang najis atau tidaktahir. Dasar keberaniannya untuk pergi ke rumah Kornelius adalah karena Allahtelah membuka jalan dan mengubahkan cara berpikirnya.
                Diayat 15-16:Petrus menjelaskan bahwa saat dia mulaiberbicara tentang Yesus, Roh Kudus turun ke atas Kornelius dan semua orang yangmendengarkan pemberitaan tersebut. Hal ini Petrus sebutkan sama dengan kejadiansaat mereka dipenuhi Roh Kudus di Yerusalem pada hari Pentakosta. Petrusteringat akan perkataan Tuhan Yesus bahwa Yohanes membaptis dengan air, tetapimereka akan dibaptis dengan Roh Kudus. Tuhan Yesus sendiri yang mengatakannyakepada mereka sebelum Dia naik ke sorga (Kis. 1:5). Orang percaya akan dibaptisdengan Roh Kudus. Penjelasan Petrus ini menjadi dasar untuk tidak menolak apayang Allah sedang kerjakan dalam diri Kornelius (17). Petrus menjelaskan bahwasama seperti kepada para rasul saat percaya kepada Yesus, Allah juga memberikankaruniaNya kepada Kornelius dan semua yang mendengarkan pemberitaan Petrus.Dalam diri Petrus terjadi perubahan pola pikir yang amat drastis. Dia dan pararasul lain awalnya berpikir bahwa injil hanya diperuntukkan bagi orang bersunat/Yahudidan inilah yang mereka lakukan selama ini. Tetapi kemudian, saat Allah membukajalan bagi bangsa-bangsa lain, Petrus mau terbuka pada karya Allah tersebut danmenjadi alatNya untuk memberitakan Injil kepada bangsa lain. Meskipunmengetahui bahwa dia akan menerima kritik dari teman-teman Yahudinya, tetapidia berani untuk menghadapi resiko tersebut dengan tetap taat kepada Allah.Injil tidak lagi dipahami sempit dalam golongan Yahudi saja, tetapi menjadilebih universal. Allahlah yang pertama sekali membuka jalan dan pola pikirtersebut untuk menyatakan karunia keselamatan yang sama kepada bangsa lainsecara lebih universal.
PenjelasanPetrus tersebut ternyata bisa diterima oleh orang percaya golonganbersunat/Yahudi. Mereka yang semula berpikiran sempit kini berubah menjadiorang yang bisa menerima bangsa lain ambil bagian dalam keselamatan yang Allahkerjakan (18). Mereka tidak menggerutu dan terus berselisih paham. Merekajustru memuliakan Allah. Mereka menyimpulkan bahwa kepada bangsa-bangsa lain jugaAllah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup. Mereka juga tidaklagi eksklusif dengan paham etnosentrismenya (berpusat pada suku sendiri).Injil kini telah dipahami luas bahwa keselamatan juga diperuntukkan kepadabangsa-bangsa lain.
Peristiwaini membuka jalan bagi pekabaran Injil selanjutnya. Orang-orang Kristen tidaklagi menutup diri untuk hanya memberitakan Injil kepada bangsanya saja, tetapikemudian berani untuk memberitakan injil kepada orang Yunani (11:20). Dikemudian hari, Paulus menjadi pemberita Injil yang konsisten bagi orang-orangnonYahudi di wilayah kekaisaran Romawi, meskipun peran Yahudi Kristen laintetap menjadi penopang bagi pekabaran Injil di wilayah tersebut.

 Sipahusorhusoron

1.  Allah yang mengerjakan keselamatan kepada manusiaternyata adalah juga yang membuka jalan bagi pekabaran Injil. Dalam peristiwaKornelius dan Petrus, Allah terlebih dahulu berbicara secara terpisah kepadamereka. Allah membuka kerinduan hati Kornelius terhadap Injil dan Allah membukacara pandang Petrus tentang sasaran Injil. Dialah yang membuka jalan danmemberkati pekabaran Injil. Karena itu, kita harus terbuka pada cara-cara yangdikerjakanNya dalam pekabaran Injil yang kita lakukan.
2.  Injil harus dipahami secara universal.Artinya pemberitaan Injil haruslah mencakup semua bangsa. Kecenderungan untukterikat pada kepentingan satu suku saja atau satu denominasi gereja saja kerapmembuat pekabaran Injil tidak memiliki kesatuan wajah dan gerakan. Tumpangtindih dan saling tarik-menarik kepentingan bisa memicu kekacauan dalampemberitaan Injil.
3.   Markantatema hita: Tapuji ma Debata ala lam martamba bilangan angka naporsea tu Ibana, ndang holan tu kelompok, geografis, etnis be haluaon i, alaitu saluhut angka naporsea do haluaon dohot holong ni Debata. Markantate ma hitaala di adopan ni Tuhan i sarupa do hita, ndang adong halak Yahudi dohot na soYahudi, halak batak dohot nas so Batak. Marlas ni roha do hita ala sahat barita nauli tubangso batak, hinorhon ni i do gabe boi hita maju, lam torop halak Kristen siihuthon Tuhan i. Ingkon rajumanta doi saluhut ala ni pangulaon ni TonduPorbadia. Sai margogo ma parhaladona dohot ruas pe manghatindanghon pambahenanni Tuhan i di ngolunta. Unang lupa hita mangendehon pujipujian ai gok hamuliaonni jahowa do sandok tano on. Antong tapatuduhon ma ngolunta ngolu namarparbuehon hamuliaon ni Jahowa.

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Rivai Silaban Update pada : 12:44 PM

0 komentar :

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog