Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Monday, April 29, 2013

Roma 12:9-12



Roma 12:9-12
Holong Na Polin
Adong do 3 hal na niondolhon si Paulus di ganup suratna tinongos na tuangka huria ima Sola Scriptura, Sola Fide dohot sola Gratia.Dibagasan suratna 3 ido di hatahon sude nasa sangkap dohot lomo ni roha ni Debata. Sada siansurat na 3 I , naeng tangkasanta marhite hite turpuk on ima Sola Gratia, Bohajala ollat ni dia do hita memahami holong ni roha ni Debata, na pinapatar na dibagasan asini roha. Di bindu 5 – 8 tangkas do patoranghon songon dia Debata patudu holong na tu hita, alanungga mate Kristus humonghop hita tingki mardosa dope hita. Laos di sahaphon do holong I tubagasan rohanta marhite tondi porbadia na pinasaorna tu hita ( Roma 5 ; 5 ) Holong ni naungpaluahon ( Menyelamatkan ) hita ( Roma 8 ; 38,39 ).  Turpuk on terpokus tu holong ni kristus yangmerupakan inti dari pemulihan ni halak Kristen. Bindu 12 – 15 manaringoti / mangajari hita patuduhon holong I tunahumaliang hita, sekaligus memperbaiki kualitas / mutu kasih yang ada pada kita.Bahkan sai diajarhon Debata do hita laho manghaholongi musutta I, tung mansaibohape taho hasalaanna tu hita ( 12 ; 17 – 21 )Ayat 9 – 16Khisis mangajari hita manghaholongi dongan sahaporseaon ta ( Saudara Seiman )boha mampu dohita laho patupahon I ?, Jala boha do pemikiranta lao manjalo hasalaannaung dibahen dongan tat u hita, dibagasan ias ni roha na mar situtu.

Hatorangan

{ Ayat  9 } Holang na so marpangansi ( Tidak adakepura puraan ) ima holong na sintong ( Tidak Munafik ) , dang marsi paula ula,alai naeng ma holong I sian nasa rohan ta, ngolu jala lumobi ma sian  nasa tonditta. Jala sotung songon ende naniendehon sada parende ima “ Dunia ini panggung sandiwara….. “.  Alai holongna polin ima holong na tulus jala ikkon I do pangheon tat u ngolutta siadapari.( Bnd Yudas, Parisi, Saduki, ahli ahli taurat.” Orang munafik tidak akan pernahbias mengasihi, dan orang yang penuh kasih pasti tidak munafik “ ) Ala ni dodidok hagigion ( Benci ), ima na jad ( Jahat ) naso hina lomohon ni Debata, namanega I holong na sian Debata. Alai didok pareahihamu nadenggan namarlapatan mai hita inghon berusaha mai mampahen angka nadenggan. ( Amos 5 ; 15 , 1 Tim 1 ; 5 ) Ai parbueni holong I ma angka ulaon nadenggan do.

{ Ayat 10 }Kasih itu menghormati.
Kasih dan penghormatanadalah dua unsure yang berbeda, karma didalam penghormatan belum tentu adakasih, namun didalam Kasih sudah pasti ada unsur rasa hormat. Holong I inghon gabe ojahan do I dingolutta diparsaoranta siganup ari, tu angka n hinaholongan di bagasan tuhan I, tu angkhumaliang ta. Aladiajari do hita marpngala ho nadenggan tu na humaliang ta, gabe mampu ma hitamasi joloanan, masi pasngapan, bahkan lao patoruhon diritta maradoppon angkadongan jolma ( Ayat  3 ). Kalau jemaat Kristus mempergunakankarunia-karunia rohani secara efektif maka setiap anggota menghargai temannyayang memakai karunia yang berbeda dari karunia dia sendiri, karena dia mengertipentingnya karunia-karunia yang lain. Dia mengerti bahwa sebagai seorang diridia kurang lengkap, tetapi dalam jemaat kekurangan-kekurangan yang dia milikidipenuhi oleh teman-temannya, sehingga dia menghargai mereka.

{ Ayat 11 }Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor
Unangma saipittor mandele hita molo tung ro pangunjunan I, alai loas ma hata ni Debata namian dibagasan rohatta. Di turpuk on di ondolhon do tu hita asa unang mandeleAlana jolma naung porsea di bagasan hata ni Debata nanung dipargoluhonsa, imajolma na olo patutoru dirina, jala mempunya semangat nabalga do I di ngoluna.
Bersukacitalahdalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!. Kasihkita seringkali mendapatkan tantangan. Nasihat Paulus adalah tetaplahbersukacita dalam pengharapan. Tetaplah bersabar dan terus mengasihi. Bahkanberdoalah, supaya saudara tetap dapat bertahan untuk mengasihi saduara seimanmu. Mengasihi memang sulit, tidak mudah.

{ Ayat 12 }Bersuka cita dalam pengharapan
Hita angkanaung na pinalua ni Kristus, inghon sai marlas ni roha do hita jala inghon tongta mauliatehon  huhut manangiangkon tujolo ni Debata, asa sai tong hita dilehon hasabaron ni roha molo tung hita saidi hamaolon, Roma 8 ; 17 – 25 di turpuk on tung mansai ulido di patorang. Ala ni  naung adong haporseaon jala ingkon marlas niroha do hita jala penuh pengharapan. Jala inghon gogohononta do martangiang tuDebata asa tung togu haporseaonta jala lam tu serep ni roha. Di turpok on diondolhon tu hita asa tung unang  saipittor merasa bangga hita alani na sai ringgas hita martangiang dohotmarparsaoran dohot debata. Dalam melaksanakan kehendak Allah kita tidak dapatmenerima perintah yang dianggap cocok sambil menolak perintah yang kita anggaptidak sesuai. Orang yang mencari kendaraan tidak berkata, "Saya hanya maumemakai roda ini, dan tidak mau memakai roda itu." Kendaraan pasti tidakdapat jalan kalau ada roda yang tidak dipakai. Demikian juga kehendak Allah.

Kesimpulan

Di tengah zaman dengan semangat individualisme yang tinggi, kesatuan gerejasebagai tubuh Kristus sedang terancam. Banyak orang Kristen cenderung memilihuntuk mengikuti egonya sendiri. Padahal gereja yang sehat sadar bahwa setiapumat percaya adalah anggota tubuh Kristus. Anggota-anggota tubuh Kristus diikatmelalui sendi-sendi fundamental, yaitu karunia rohani yang diberikan untuksaling melayani dan membangun (8), dan kasih yang tulus kepada Tuhan dan sesama(9-11).
Setiap anggota tubuh Kristus memiliki karunia rohani, entah itu bernubuat,melayani, mengajar, menasehati, dlsb. Karunia tersebut diberikan Kristus supayajemaat dapat saling membangun dan menguatkan, sehingga tubuh dapat berfungsi denganbaik, sehat, dan efektif. Adatiga prinsip utama mengenai karunia rohani. Pertama, setiap karunia hendaknyadipraktikkan untuk membangun jemaat. Karunia bukan untuk kebanggaan atau untukdisimpan. Setiap penerima karunia memiliki tanggung jawab khusus untuk melayanisesama. Kedua, setiap anggota jemaat hendaknya menerima dengan rela hatikarunia yang telah diberikan kepadanya dan melakukan pelayanan sesuai dengankarunia itu. Jika Tuhan memberikan karunia untuk bernubuat, bernubuatlah. JikaTuhan tidak memberikan karunia mengajar, janganlah mengajar. Ketiga, praktikkankarunia rohani dengan kerelaan, kesungguhan, dan sukacita. Melayani Tuhanmenuntut sikap yang benar. Jangan melayani Tuhan dengan bersungut-sungut danasal-asalan. Berikan yang terbaik kepada-Nya.
Kasih adalah landasan kedua dari gereja yang sehat. Kasih terhadap sesamaanggota tubuh Kristus harus diekspresikan dengan jujur, menjauhi tindakan jahatdan melakukan yang baik, menunjukkan semangat persaudaraan, saling memberihormat, dan selalu bersemangat di dalam melayani Tuhan.

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Unknown Update pada : 8:23 PM

0 komentar :

Post a Comment

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog