Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Tuesday, June 11, 2013

Kelebihan dan kekurangan backlink buat blog

backlink yang bermutu
Istilah backlink buat para jawara blog memang sudah biasa didengarkan bahkan sudah mahir dalam menempatkan backlink suatu url situsnya untuk meningkatkan SEO, dan akan mempunyai keuntungan yang sangat bagus buat halaman situsnya sendiri. Dan buat para sobat bloger yang masih belum mempunyai ilmu yang begitu banyak tentang dunia maya ini, saya mencoba membuat suatu tulisan mengenai baclink yang memang saya ambil dari pengalaman saya, berbagai ujicoba yang saya buat, begitu juga dengan himbauan / arahan serta ilmu dari teman teman saya yang telah iklas dan membinmbing saya hingga tulisan ini dapat saya selesaikan.

Pengertian tulisan BACKLINK 

 

BackLink adalah dua unsur suku kata yang memiliki arti tersendiri dan disatukan sehingga mempunyai pengertian yang dapat disebut dengan pengembalian hipertaut suatu dokumen.

  • Back : Bahasa inggris yang diartikan kebahasa indonesia yang mempunyai arti kembali dan disatukan dalam kata kerja.
  • Link : Bahasa inggris yang diartikan dengan bahasa indonesia yang mempunyai arti pranala atau hipertaut. [ pengertian dari link ]
Jadi kesimpulan dari kata 'Backlink' dalam dunia internet adalah sebagai berikut :
Backlink, juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlinks, dan link ke dalam, adalah link masuk ke website atau halaman web. Dalam terminologi link dasar, backlink adalah setiap link yang diterima oleh simpul web (halaman web, direktori, website, atau domain tingkat atas) dari node web lain.
Inbound link awalnya penting (sebelum munculnya mesin pencari) sebagai sarana utama navigasi web, hari ini, signifikansi mereka terletak pada optimasi mesin pencari (SEO). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya bahwa website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, backlink dari halaman web mungkin pribadi, budaya atau semantik bunga yang signifikan: mereka menunjukkan siapa yang memberi perhatian ke halaman tersebut
( Referensi dari wikipedia )
Search Engine sering menggunakan jumlah backlink yang memiliki sebuah situs web sebagai salah satu faktor terpenting untuk menentukan bahwa situs web mesin pencari peringkat, popularitas dan penting. Deskripsi Google PageRank sistem mereka, misalnya, catatan bahwa Google menafsirkan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai suara, oleh halaman A, untuk halaman B pengetahuan tentang bentuk peringkat mesin pencari telah memicu sebagian dari industri SEO sering disebut linkspam, di mana sebuah perusahaan berusaha untuk menempatkan sebanyak inbound link sebanyak mungkin untuk situs mereka tanpa konteks situs awal. Website sering menggunakan berbagai search engine optimasi teknik untuk meningkatkan jumlah backlink yang menunjuk ke situs web mereka. Beberapa metode gratis untuk digunakan oleh semua orang sedangkan beberapa metode, seperti linkbaiting, memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran untuk bekerja. Beberapa situs web tersandung pada "linkbaiting" secara alami; situs yang pertama dengan sebuah berita menarik 'Berita' tentang seorang selebriti adalah contoh yang baik itu. Ketika terjadi "linkbait", banyak situs akan link ke website 'memancing' karena ada informasi di sana yang ekstrim menarik sejumlah besar orang.Ada beberapa faktor yang menentukan nilai dari backlink. Backlink dari situs otoritatif mengenai suatu topik tertentu sangat berharga. Jika kedua situs memiliki konten yang diarahkan untuk kata kunci topik, backlink adalah dianggap relevan dan diyakini memiliki pengaruh yang kuat pada mesin pencari peringkat halaman web diberikan backlink. Backlink mewakili menguntungkan 'suara editorial' untuk menerima halaman web dari laman web memberikan lain. Faktor penting lain adalah teks backlink jangkar. Anchor text adalah deskriptif label hyperlink seperti yang muncul pada laman web. Bots mesin pencari (yakni, laba-laba, crawler, dll) memeriksa teks jangkar untuk mengevaluasi bagaimana relevan adalah untuk konten pada halaman web. Jangkar teks dan halaman web konten adanya kesesuaian yang sangat berbobot dalam hasil halaman (SERP) peringkat mesin pencari halaman web sehubungan dengan permintaan kata kunci apapun oleh pengguna mesin pencari.

Keuntungan backlink suatu situs web 

 

Suatu halaman situs pada sebuah server yang aktiv diinternet, membutuhkan suatu logaritma penghitungan code dari tag html untuk sebuah informasi pada mesin pencari, kebutuhan suatu halaman situs untuk meningkatkan pageranking dimata mesin pencari didukung oleh berbagai faktor. Dalam tulisan saya kali ini saya hanya membahas suatu faktor Backlink yang berguna untuk meningkatkan pageranking suatu halaman situs di seacrh engine. Semakin banyaknya backlink yang memang berkualitas baik, akan memperbaharui peringkat dari suatu halaman situs. Hal ini perlu kita pertimbangkan untuk suatu halaman situs kita. Dukungan dari suatu backlink yang bermutu akan menguntungkan buat situs kita dan secar otomatis traffik suatu situs akan meningkat. inilah sebagai alasan kenapa banyak para webmaster membahas hal ini, begitu juga dengan maraknya berbagai tools backlink didunia internet ini.

Backlink yang berkualitas

  • Backlink individual : Tukaren link sesama teman dan keluarga. Ada baiknya kita tukaran link terhadap situs web teman, keluarga rekankerja dll agar mendapatkan backlink yang lebih sempurnah, apalagi situs web mereka sudah memiliki pagerank 4 keatas pasti halaman situs web kita juga akan mendapatkan rejeki link dukungan dari backlink situs web rekan kita tersebut.
  • Backlink premium : Pada saat sekarang ini banyak penyedia jasa backlink yang berbayar. Jasa backlink ini dapat anda pergunakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
  • Backlink geratisan : banyaknya penyedia backlink geratisan dan berbagai tools diinternet dapat kita pergunakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas bagi situs web kita, tapi hal ini harus serba hati hati namanya juga geratisan kan perlu dipertimbangkan apalagi rata2 backlink yang kita dapatkan dari situs web luar negeri.

Kesimpulan :
Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas yang perlu anda pahami adalah sinkronisasi suatu description halaman situs web kita terhadp rekan yang mau bertukar link. Kasus ini sudah pernah saya alami, saya pernah tukaran link terhadap situs web teman yang memang data ataupun ide situs webnya sangat berbeda dengan punya saya, data description blog kami berbeda sekali, isi blognya mengenai pupuk feptisida sedangkan blog saya trik dan tutotial bloger yah ngak nyambung setelah teman saya menyarankan agar merubahnya kamipun tidak terlalu memikirkan lagi soal itu. Jadi bost mesin pencari seperti spider memeriksa teks jangkar untuk mengevaluasi bagaimana relevansi suatu konten pada halaman web kami. Jangkar teks dan halaman web konten disesuaikan agar lebih berbobot (SERP) sehingga hasil maksimal backlink yang saya terima tidak begitu mendukung. Jadi menurut pengalaman saya membuat backlink suatu halaman situs web, kita harus dapat menyesuaikan isi konten dan kemiripan artikel yang terkandung dalam halaman situs web yang akan menjadi pelaku backlink.

Kerugian backling suatu situs web 

 

Dikarenakan banyaknya katanya penyedia backlink geratisan dan berbagai tools yang dapat kita gunakan untuk mengirim url situs web kita menjadikan kita malah terlena dan semakin dibutakan sehingga halaman situs web kita tidak diperdulikan oleh bots mesin pencari. Informasi description yang tidak begitu akurat antara hubungan suatu URL dan URL pendukungnya membuat hubungan keduanya tidak begitu erat. Saya mempunyai asumsi soal hal ini. Sistem yang dipake suatu mesin pencari sebut saja spider adalah buatan manusia dan hanya menghitung suatu logaritma yang memang sudah dipastikan ketentuannya, dan dia tidak akan pernah berpikir suatu pengecualian diluar yang memang sudah pernah ditetapkan, bukan seperti otak manusia pada umumnya banyak akalnya ( Maaf bukan mau menyinggung. ). Banyak para pengguna situs web yang memang dibutakan oleh hal ini. setelah kita submit url kita keberbagai situs yang menyediakan baclink geratis terus apa yang terjadi malah penurunan nilai SERP yang kita dapatkan dan url yang kita kirimkan malah balik menjadi backlink si web tersebut. kita tidak memahami bahwa dalam sebuah halaman kita bisa memanipulasi code tersebut termasuk code dari suatu link, hal ini tidak pernah dilarang oleh penyedia mesin pencari pada umumnya om google sebab kita hanya memanipulasi suatu code $fungsi link bukan memanipulasi pada SEO nya. Mungkin sobat bloger pernah mendengarkan sebuah kalimat cara mengganti link hidup comentar menjadi link blog kita. Nah kira kira begitulah asumsi yang saya dapatkan dari pengalaman saya yang memang masih dibawah standart ini. Pengambilan suatu Code String Fungsi URL blog kita digantikan dengan code string fungsi URL penyedia web tersebut sehingga hasil yang kita dapatkan tidak memenuhi keinginan yang kita harapkan. Sebab semua yang namanya URL Backling ditempatkan dibawah code String Fungsi URL yang sebenarnya ( / ) atau hampir sama tingkatannya dengan sub dan bagan dari halaman inti suatu web. Dalam hal ini ada berbagai kesalahan yang dapat kita lihat dibawah ini dan menjadi suatu kerugian besar terhadap nilai SERP situs web kita :

  • Backlink yang terlalu banyak : Akibat banyaknya mengirim URL Kita kepenyedia backlink geratis, yang memang kita belum mengetahui kejelasan suatu situs yang membackup link URL web kita, menjadikan alamat URL dan konten yang ada dihalaman blog kita menjadi sebanding dengan spam dimata mesin pencari. Saya pernah menguji coba tentang hal ini. Saya buat satu blog dan membuat backlink hampir kurang lebih ke ribuan situs web site yang saya kirim dan saya coba mengujinya di google analysis ternyata hasilnya nol, Tidak ada url satupun yang menjadi suatu perujuk untuk url blog saya malah yang paling patalnya artikel yang saya posting tidak terindex serta banyak kesalahan perayapan dan paling mengejutkan lagi blog itu terhapus dan katanya dianggap spam. itu adalah suatu pengalaman yang paling mengasyikkan. sebab dapat ilmu yang paling berharga.

    Solusi ► Dalam membuat backlink suatu hal yang perlu kita lihat adalah kesediaan suatu situs web menerima suatu backlink dari pada pemilik situs web yang membutuhkan backlink tersebut. Jangan terlalu banyak membuat backlink secukupnya saja yang penting bermutu dan dapat backlink yang memang pada suatu web yang mempunyai ranking yg bagus kalo bisa , kalo tidak bisa lihat web yang bermutu yang mempunyai pengunjung yang lumayan cukup.

  • Backlink error ( 404 ): Persahabatan dalam dunia internet ini memang tidak begitu mulus dengan apa yang kita harapkan. terkadang tukar link ini tidak relevan dimana kita sudah mati matian bela link kawan tersebut di berbagai halaman kita yah malah sikawan tersebut menghapus link kita di halamannya. sehingga URL kita hanya menjadi link backup pada link sikawan tadi tidak menjadi prinsip win win solution.

    Solusi ► Cek selalu keberadaan link anda dalam suatu situs web yang telah klian setujui, hargai semua link dari sahabat sahabat anda, letakkan link pada tempat dimana sahabatmu juga menghargai link anda. Bila mendapat suatu kesenjangan dalam tukar menukar link cari solusi yang terbaik dan tetap menjaga persahabatan untuk kelanjutan hubungan tersebut, agar menjadi hubungan yang baik.

  • Backlink yang tidak relevan : Pengiriman suatu link URL situs kita terhadap beberapa situs penyedia backlink geratisan dapat merugikan anda bilamana suatu description antarai situs penyedia backlink dan situs anda tidak relevan. salah satu contoh blog anda membahas tentang berbagai ilmu kesehatan dan anda ingin mengirimkan link anda ke web yang membahas trik blog untuk dijadikan Backlik, hal demikian tidaklah relevan dan tidak mendpatkan sesuai dengan backlink yang kita harapkan untuk mendukung nilai SERP kita dimata mesin pencari. seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas.

    Solusi ►Cari situs web yang sepadan dan se ide dengan web anda paling tidak hampir mirip mirip dikitlah, silahkan jadikan web tersebut menjadi backlink dari web anda bila memang tersedia.
Kesimpulan
Lihat lah suatu situs web yang memang mempunyai atau hampir sama description situs webnya dengan situs web anda untuk dijadikan backlink dari URL situs web anda. banyaknya penyedia backlink yang geratisan yang memang kita sendiri tidak paham atau tau mengenai situs web apa yang menjadi baclink kita akan merugikan nilai SERP situs web kita dimata mesin pencari. Perbaiki terus pengoptimalan halaman situs web anda dimata mesinpencari ( SEO ), Tulislah artikel yang bermutu yang memang tulisan itu hasil dari pengetahuanmu atau pengalaman suatu riset yang anda lakukan. sering Update artikel anda dan bersosiallah dengan teman teman anda yang memang mempunyai ide situs yang sama. Bila situs web anda memang sudah mulai stabil atau paling tidak layak untuk berbagi link silahkan memakai sistem tukaran link sesama teman anda yang memang sama2 membutuhkan atau istilah win win solution. Carilah situs web forum, blog dan sosial media yang memang menyediakan backlink dan situs tersebut dapat dipercaya, dan kalo bisa yang memang memiliki pageranking yang sudah lumayan.

Artikel diatas saya buat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki dan berbagai bantuan ilmu dari beberapa teman saya, serta guru saya.

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Unknown Update pada : 9:45 PM

16 comments :

  1. Adanya informasi ini jadi nambah wawasan. terimakasih banyak sob

    ReplyDelete
  2. @Ripki...
    sama sama gan makasih juga atas kunjungannya.. salam kenal

    ReplyDelete
  3. terima kasih boss sudah berbagi, jadi nambah pengetahuan saya dari artikel ini. Salam.

    ReplyDelete
  4. sama sama boss, salam kenal dari saya.. thx your visit.

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan atas artikelnya wawasanku tentang Kelebihan dan kekurangan backlink jadi nambah gan, he,....he,,,,he,,,

    ReplyDelete
  6. makasih atas pendapatnya sob.. thx 4 U

    ReplyDelete
  7. sangat menginspirasi pembahasannya gan,...
    trims for share..

    ReplyDelete
  8. @Payaitik.blogspot,com
    makasih atas pendapatnya sob, salam bloger dari saya..

    ReplyDelete
  9. terima kasih masbro sangat bermanfaat . =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob, salam bloger..
      makasih atas kunjungannya..

      Delete
  10. Mantaap Bro, sangat bermanfaat, menambah wawasan, apalagi bagi saya yg pemula...sukses selalu Broo

    ReplyDelete
  11. mantap gan postinganya, cuma penerapanya yang susah... saya ingin belajar dari dasar, ada kursusnya ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal kursusnya kita memang ada untuk member tapi saat ini kita sudah penuh, kita tidak menerima lagi sob...

      terimakasih atas kunjungannya kami akan memberikan informasi keepannya...

      Delete
  12. ouh..
    gitu ya mas...
    jgn lupa mampir
    http://harafimulki.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. thank gan informasinya,.,. sangat membantu sekali,..
    kunjungi blog ane juga gan,.,. http://amirdapir.blogspot.com/

    ReplyDelete

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog