Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Saturday, April 26, 2014

fungsi margin pada html

Fungsi margin pada html - pengertian fungsi margin pada html khususnya pada blogspot. fungsi margin pada html pada template blogspot sangat perlu untuk dipahami para blogger mania, hal ini diperlukan akibat seringnya kita jumpai tulisan " Margin " ini pada bagian CSS Template blogspot sendiri. Dalam prakteknya Margin dalam CSS berfungsi untuk membuat jarak sisi kiri kanan dan atas bawah. Jadi bila kita ingin membuat suatu jarak contohnya widget ada baiknya kita memakai fungsi Margin tersebut. Untuk membuat jarak tentunya margin tersebut harus diisi dengan nilai agar jarak tersebut dapat terlihat. Pemberian nilai pada margin dapat dilakukan dengan sistem angka dengan format angka yang telah ditetapkan, seperti 10px, 5%, 2em dll tergantung kebutuhan kita. Didalam CSS fungsi margin pada html secara devault ada 4 fungsi yang meliputi :

Margin Atas ( Margin Top ) atau pada penulisannya dalam code HTML adalah margin-top yang merupakan jarak titik tengah dengan titik kearah atas. Fungsi margin-top ini dapat kita gunakan bilamana " Cth : Jarak salah satu widget yang satu dengan widget yang diatasnya terlalu dekat dan kita ingin memberikan jarak yang setimpal agar kelihatan bagus dan rapi " maka kita boleh menambahkan nilai pada bagian margin-topnya sehingga penulisannya demikian : ( margin-top:20px ; ) atau ( margin-top:5%; ) dll. Jadi dalam pengertiannya adalah bahwa jarak widget tersebut ke widget yang berada diatasnya merupakan 20px.

Margin Bawah ( Margin Bottom ) atau pada penulisannya dalam code HTML adalah margin-bottom yang merupakan jarak yang berlawanan dengan margin-top atau jarak suatu titik tengah dengan titik yang berada dibawahnya. Penulisan angka pada nilai margin-bottom ini sama juga dengan dengan margin-top hanya saja nilai dari margin-bottom tersebut akan memberikan jarak kebawah.

Margin Kanan ( Margin Right ) atau pada penulisannya pada code HTML adalah margin-right yang merupakan jarak titik tengah terhadap jarak titik yang berada di sebelah kanan titik tengahnya. Dalam prakteknya bila mana suatu widget pada blogspot memiliki jarak kesebelah kanan terlihat tidak sempurnah maka kita dapat memanfaatkan fungsi margin-right untuk menyempurnakan jaraknya.Penulisan fungsi margin-right pada code html adalah sebagai berikut : ( margin-right:20px; ) , ( margin-right:5%; ) atau ( margin-right:2em; ) dll.

Margin kiri ( Margin Left ) atau penulisannya pada code HTML adalah margin-left yang merupakan jarak antara titik tengah kearah kiri titik tengah atau arah yang berlawanan dengan margin-right . Dalam prakteknya penulisan margin-left sama halnya dengan penulisan margin-right hanya saja arahnya yang berlawanan, seperti : ( margin-left:20px; ) , ( margin-left:5%; ) atau ( margin-left:2em; ) dll.

Keterangan fungsi margin pada html diatas merupakan keterangan singkat dalam praktek pemakaiannya dalam HTML baik itu pengkodean html pada platform blogspot. Untuk melihat tatacara penulisan margin pada code CSS silahkan kunjungi http://www.ideblogspot.com/2014/04/fungsi-margin-pada-html.html

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Unknown Update pada : 9:57 PM

8 comments :

  1. ini nih salah satu kode yang dulunya membingungkanku.tapi berkat penjelasan agan rivai sekarang dah paham.ditunggu update artikel berikutnya mas

    ReplyDelete
  2. syallom.
    thansk gan atas postingannya..ahkirnya bisa ngerti juga tentang margin..Tuhan memberkati..

    ReplyDelete
  3. menyesuaikan margin akan membuat cantik tampilan blog ya mas. kalau ini sih kerjaan para master :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup tepat sekali gan...
      heheheh bukan hanya master tapi semuanya pasti bisa gan...

      Delete

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog