Untuk mendapatkan space iklan dihalaman ini silahkan hubungi owner Blog Design, Kami akan secepatnya merespon dan mempertimbangkan letak dari iklan text dan banner anda...

Monday, June 10, 2013

faktor yang dapat memperlambat loding blog

10 faktor memperlambt loding blog
Saat sekarang ini dalam dunia bloging, tidak sedikit sobat bloger kita yang masih belum memahami tentang blog ini khususnya pada blogspot. Tidak sedikit para bloger mania yang hanya memikirkan SEO dan Kevalitan blog dan berbagazi hiasan serta iklan yang berlebihan. memang Pengoptimalan seperti SEO dan Validasi perlu, tapi kalo iklan yang memang menjadi mengganggu buat para pengunjung blog saya rasa itu kurang relefan. Tidak sedikit bloger beranggapan bahwa menampilkan iklan di blog kita akan bisa membuat banyak duit, padahal menurut pengalaman saya pribadi, menampilkan iklan yang banyak itu malah merugikan blog kita, khususnya soal loding. Pada prinsipnya blogspot dengan tag xml sistem prosesnya menampilkannya adalah download. contohnya : Bila kita buka suatu halaman blog maka kita mendownload seluruh file xml dan htmlnya dari server, sedangkan pada script PHP seperti wordpres untuk menampilkannya hanya sedikit download untuk code tag tertentu, sebab code scrip php dapat kita lihat dimana saja bila script php tersebut sudah disimpan di server hosting aktiv, tinggal hanya memanggil code php tersebut untuk ditampilkan. ( Bukan sistem download )

10 faktor yang dapat memperlambat loding blog 

 

  1. Pemakaian tag XML yang memang terlampau banyak : Banyaknya code xml pada suatu template kita akan mempengaruhi loding blog, banyak kasus yang sudah pernah saya jumpai. Saya pernah download template blog geratis yang mencapai 80kb ukuran devault template tersebut. Coba anda bayangkan kalo memang hanya ukuran kb devaultnya sudah mencapai 80kb bila kita menambahkan fitur dan berbagai script baik itu iklan dan widget pastinya ukuran kbnya pasti lumayan besar, jadi bila seseorang membuka blog kita yang mempunyai ukuran 200kb pastinya akan memperlambat lodingnya, sehingga pengunjung tersebut merasa bosan dan pasti akan pindah pada blog lain sebab artikel yang serupa bayak disediakn di internet sendiri

    Solusi ► Pilih lah suatu template blog yang mempunyai ukuran standart kalo bisa lebih kecil bitenya agar kita lebih leluasa untuk mendesign template blog dengan menambah tag tag HTML yang dapat memperindah blog kita. Biasanya template yang ringan itu adalah template perseorangan. Silahkan compres tag tag xml template anda melalui penyedia tool tersebut.

  2. Pemakaian JavaScript yang ada ditubuh blog : Ukuran bite suatu JavaScript memang sangat mempengaruhi loding blog, sebab bila pengunjung blog sedang membuka blog kita, secara otomatis sistem spider pada google akan tetap menguraikan javaScript yang ada di tubuh blog dan memberikan informasi keserver untuk keakuratan data sesuai dengan link yang telah diklik, lalu kita download semua informasi javascriptnya untuk ditampilkan. Coba kita bayangkan bila suatu ukuran javascript yang ada diblog kita mencapai 100kb blum termasuk tag tag htmlnya pasti pengunjung merasa bosan atas kelambatan loding blog kita dan pengunjung tersebut pasti membuka blog yang lain. Coba anda perkirakan bila dalam waktu yang bersamaan sebua halaman dibuka dan mendownload script tersebut dari hosting penyedianya, jelas akan memperngaruhi loding blog kita sebab script tersebut sudah dipake oleh ribuan halaman.

    Solusi ►Kurangi pemakaian script pada blog seperti script slider yang terlalu berat, script widget. Gunakanlah fitur blog sesuai dengan keperluan blog anda, dan mengurangi atau memilih script iklan yang sesuai dengan blog kita. Hindari pemakaian script popUp dalam blog, disamping memperlambat loding dapat juga membuat para pengunjung tidak nyaman. Compres script dengan tools bila masih merasa berat

  3. Duplikat Script JQUERY : Semakin canggihnya tehnologi saat ini, begitu pula dengan update versi JQUERY yang kian melambung, serta banyaknya widget yang mengandalkan script JQUERY dan lebih simpel pemasangannya membuat para bloger dengan menempelkan widget2 yang memang canggih dan memakai script JQUERY dihalaman blognya tanpa memperhitungkan dan menghiraukan duplikat script dari JQUERY tersebut. Sistem JQUERY dalam tubuh blog terutama blogspot memang sangat bagus bila kita mampu untuk menyesuaikan script tersebut, dan bgukan hanya memikirkan tampilan blog yang terlalu berlebihan sehingga membuat kesan bahwa blog tersebut canggih padahal menurut saya dengan membuat demikian akan membuat kerugian yang paling besar buat blog yang kita sayangi. Dan hal ini juga dapat membuat error atau tidak berfungsinya sebuah aplikasi ataupun widget.

    Solusi ►Bila anda memakai script dalam suatu widget perhatikan apakah ada JQUERY yang ada dalam script tersebut, bila ada padahal template anda sudah ada script JQUREY Silahkan memasang script tersebut hanya 1 saja dalam tubuh blog anda. Menggunakan script yang tidak berlebihan pada tubuh blog anda, sebab semakin tinggi versi dari script JQUERY tersebut bite nya akan semakin besar, padahal blog anda hanyalah blog persenol bukan suatu blog News, jadi menurut saya sesuaikan versi JQUERY Blog anda dengan semua fasilitas widget yang ada diblog anda

  4. Ukuran bite gambar yang terlalu besar : Gambar suatu postingan artikel dalam blog memang sangat diperlukan disamping memperindah tampilan dipake juga untuk demo gambar suatu tutorial. Disamping perlunya suatu gambar pada blog, ada baiknya anda mempergunakan gambar sesuai dengan kebutuhan anda.

    Solusi ►Gambar untuk design template dapat anda minimalkan ukurannya dengan memakai format gif, dengan memperkecil ukurannya melalui software yang dapat mengkonfres gambar seperti Adobe Photoshop [ tutorial memperkecil file gambar blog ], hindari tutorial yang memakai gambar yang banyak, pergunakan bahasa untuk menjelaskan suatu tutorial dari pada memperbanyak gambar. Ada juga fasilitas code html untuk reload image bila anda paham, dan anda bisa juga memakai software dreamwaver untuk membuat codenya.

  5. Pemakaian widget yang berlebihan : Widget memang sangat diperlukan dalam halaman blog terutama blogspot. Banyaknya widget yang geratisan memanjakan para pengguna blog untuk memasang widget tersebut dalam halaman blognya, walau memang widget tersebut tidak begitu bermanfaat tapi demi sebuah gengsi agar dapat dikatakan blognya cantik dan handal dalam bloging sehingga membutakan pikiran kita untuk memasang widget yang berlebihan dalam blog kita.

    Solusi ►Dalam membuat suatu blog kita harus lebih dulu memastikan suatu tujuan dari pada blog kita, agar nantinya fitur yang akan kita gunakan dapat kita sesuaikan. Bila blog kita hanya sebatas blog personal ada baiknya memakai widget yang sederhana sesuai dengan keperluan saja. Salah satu contoh blog kita masih baru dan tidak sering update serta kita jarang ol ada baiknya kita tidak memasang widget, Recent Post, Entri Populer, Recent Comment, pageview, widget online, dll. widget yang anda pasang cukup widget lebel, arsip dan relate artikel saja.

  6. Pemasangan iklan yang berlebihan : Semakin tinggi ranking blog kita terkadang membuat kita merasa sombong dan sangat bangga sekali melihat blog kita yang memang rame pengunjungnya sehingga kita pasti kepikiran untuk mendapatkan suatu penghasilan yang banyak dari blog kita tanpa pernah menyadari perasaan para pengunjung blog kita. Banyaknya iklan yang membuat blog kita menjadi kayak koran dan tidak teratus akan mengakibatkan pengunjung blog jenuh dan pastinya akan memperlambat loding blog kita sebab pemanggilan scritp dari server penyedia iklan harus di download untuk dapat ditampilkan. Link Link yang terkandung dalam suatu iklan tetap dibaca oleh spider dengan sangat mendetail. Coba anda perkirakan bila dalam waktu yang bersamaan sebua halaman dibuka dan mendownload script tersebut dari hosting penyedianya, jelas akan memperngaruhi loding blog kita sebab script iklan tersebut sudah dipake oleh ratusan halaman blog.

    Solusi ►Lebih baik sedikit iklan tapi bermutu dan pangunjung merasa nyaman serta iklan yang kita tampilkan bermanfaat buat pengunjung blog kita. Permasalahan penayangan iklan ini sudah menjadi darahdaging para bloger mania. bagi bloger yang masih baru pemasangan iklan dalam halaman blog anda saya rasa tidak akurat, disamping blog anda masih sepi pengunjung. Bila blog anda sudah mempunyai pengunjung yang ramai silahkan memasang iklan sekedar saja yang penting berduit dan saran saya iklan banner bisa juga mempengaruhi loding blog kita ada baiknya text saya. ilkan Popup atau iframe dapat juga mempengaruhi loding blog.

  7. Link yang tidak aktif : Akibat banyaknya link yang ada disalam blogkita terkadang penulisan yang link yang kita lakukan kurang sempurnah sehingga mengakibatkan link yang error, Spider pada google search engine tetap menghitung semua jenis link dalam suatu tag xml untuk informasi keakuratan blog tersebut, dan untuk SEO juga harus memperhitungkan hal ini. Dalam menalpilkan suatuhalaman blog sistem translate code membaca semua code xml dan script yang ada sehingga bila link dalam suatu blog error secara otomatis aka tetap dibaca sampai code tersebut dapat diterjemahkan dan ditampilkan.

    Solusi ►Perbaiki semua link yang error, memang hal ini tidak terlalu berpengarus sekali, tapi dapat dipertimbangkan dalam hal untuk mempercepat loding blog, sebab semua code dalam blog kita harus lebih sempurnah.

  8. Widget share sosial media yang berlebihan : Widget share sosial media pada halaman blog dapat memperlambat loding blog, apa lagi widget share yang kita pasang terlalu banyak. Script yang ada dalam widget share ini disimpan pada hosting penyedia widget tersebut, sehingga untuk menampilkan widget tersebut harus didownload dari server hosting penyedia widget share tersebut. Coba anda perkirakan bila dalam waktu yang bersamaan sebua halaman dibuka dan mendownload script tersebut dari hosting penyedianya, jelas akan memperngaruhi loding blog kita sebab script widget share tersebut sudah dipake oleh jutaan halaman.

    Solusi ►Dalam hasil penelitian yang pernah saya buat sendiri dan bantuan dari para teman teman saya, hal membuat widget share sosial media dalam halaman blog kita hanya 5% - 8% yang memakai jasa share artikel yang pernah kita buat. ini terbukti dengan banyaknya para pembaca blog yang memiliki situs jejaringan sosial media, merasa tidak suka lagi untuk membagi suatu hal yang pernah dia baca dalam berbagai halaman situs, sebab suatu artikel yang kita share dan menjadi update dari jejaringan sosial media kita, minat membaca dan like serta comment teman teman kita sangat dibawah standart dari yang pernah kita dapatkan, tapi bila kita update status langsung di jejaringan sosial media kita dengan pasti akan mendapat respon yang kita inginkan. Saya merasa anda juga pasti pernah mengalami hal yang demikian. Saya menyarankan hal yang seperti ini dapat kita antisipasi dengan tehnik subcribe update status langsung ke jejaringan sosial kita melalui hosting penyedia subcribe update status yang sudah banyak bertebaran di dunia maya.

  9. Pemilihan hosting : Bagi bloger mania yang doyan dengan blog, pastinya selalu mempertimbangkan hal ini dalam membangun suatu blog. apalagi untuk hosting yang berbayar alias premium hal ini harus kita pertimbangkan lebih dulu. Seorang bloger sudah jelas mempunyai tujuan atas blog yang dia buat dan wilayah pemasaran blog tersebut sudah di pastikan. Bila suatu blog yang kita buat hanya untuk dalam negri aja alias informasi lokal ada baiknya anda memakai jasa hosting dalam anegeri saja, hal ini dibuktikan karena tempat penyimpanan code tag halaman blog kita berada di server lokal yang memang pada pemasaran blog kita hanya lokal saja bukan international, apa bila suatu pengunjung lokal membuka halaman blog kita pastinya sistem download dari server hosting lokal akan lebih cepat ketimbang download dari server luar. Hal ini menjadi pertimbangan buat para bloger, sebab sistem mesin pencari dari semua situs yang ada akan tetap memperhitungkan tempat penyimpanan suatu code halaman situs.

    Solusi ►Bagi bloger pengguna yang premium ada baiknya memakai jasa hosting menurut pemasaran blog yang akan dia buat, agar lebih akurat dan bila ada suatu masalah dalam halaman blog kita akan lebih mudah untuk menghubungi para penyedia hosting tersebut. Untuk para pengguna blogspot anda dapat menyesuaikan setelan untuk pengunjung blog anda melalui dasbor anda dapat menetapkan pemasaran blog anda hanya dalam negeri anda, alias lokal saja. Kita sebagai warga RI harus merasa bangga setelah perusahaan besar seperti om google sudah mempunyai cabang di indonesia, hal ini menjadi suatu pertimbangan saya pribadi untuk membuat blog dengan hosting geratisan dari om google dengan alasan google sudah memiliki server hosting tersendiri di negeri yang kita cintai ini.

  10. Meta TAg yang tidak akurat : Semua sistem yang dipakai para situs mesin pencari akan tetap membaca dan menganalisa suatu code informasi dari suatu halaman. Untuk menampilkan suatu halaman code yang pertama dianalisis oleh suatu mesin pencari adalah Meta TAG suatu halaman situs, hal ini juga sangat mempengaruhi pengoptimalan dimata mesin pencari atau biasa digunakan dengan istilah SEO [ http://rivai-silaban.blogspot.com/2013/05/pengertian-dari-seo-search-engine.html ]. Semakin akuratnya suatu informasi halaman blog kita akan mempercepat proses penganalisisan suatu data oleh mesin pencari. Oleh karena itu sistem download tag xml suatu halaman blog dipengaruhi oleh suatu informasi penting pada halaman blog yang biasa disebut dengan META TAG.

    Solusi ►Perbaiki semua informasi penting dari halaman blog anda, buat lah METa TAG halaman blog anda sesuai dengan standart blog dan jangan terlalu bertele tele. Hati hati dalam penggunaan robotext, sedikit kesalahan ini dapat mempengaruhi loding serta pengindexan suatu halaman di mata mesin pencari. Pergunakan META TAG untuk informasi yang akurat tentng artikel dan kegunan informasi blog anda, Jangan pernah memikirkan untuk berpikir berlebihan oleh informasi yang telah and baca tentang starategi SEO dan berbagai informasi lainya sebab pada khususnya google kan tetap menjaga kenyamann semua membernya bukan hanya seseorang saja jadi hati hati blog anda dapat kena pinalti dari om google.
Semua informasi dalam artikel ini telah saya pelajari dari berbagai ilmu yang pernah saya dapatkan, dan saya sendiri sudah menerapkannya dalam blog saya yang tidak seberapa ini, anda dapat membandingkan informasi artikel ini dengan kenyataan blog yang saya miliki.

Alasan pentingnya loding blog 

 

Dalam postingan saya kali ini saya telah membuat berbagai percobaan dan analisa suatu blog, Saya mendapat suatu ilmu pentingnya loding blog kita saat ini, hal ini saya lihat dan saya buktikan dari semua pengguna internet diseluruh wilayah indonesia ini khususnya masih banyak yang mempergunakan MODEM untuk koneksi internetnya dan minimnya tentang pengetahuan untuk memilih komputer atau lettop yang memiliki aplikasi atau software untuk keperluan koneksinya, menambah pundi pundi pemikiran saya bahwa hal untuk mempercepat loding suatu halaman blog dalam menyampaikan suatu informasi sangat dibutuhkan. Ada beberapa penjelasan tentang alasan saya membuat artikel ini, dan memang masih banyak lagi faktor faktor yang dapat memperlambat loding blog dan berbagai alasan. Tapi alasan saya yang paling saya pertimbangkan adalah sebagai berikut :

Jasa Warnet : Saya pernah memakai jasa warnet untuk keperluan koneksi internet saya, di warnet tersebut saya masih mendapati server atau pun computer yang dipakai untuk koneksi internetnya masih versi pentium 4 dan aplikasi ataupun software yang tersedia masih dibawah standart hal ini dapat menjadikan suatu alasan, bila saya bloging melalui warnet tersebut dan saya membuka suatu halaman blog yang berat apa saya sendiri harus ngopi dulu untuk menunggu halaman tersebut ditampilkan disamping juga pengaruh banyaknya COM yang memang melebihi beban server dari penyedia koneksi internet tersebut.

Jasa Modem : Saat sekarang ini koneksi internet dari segala penjuru sudah bisa dinikmati hal ini terbukti maraknya pemakaian modem koneksi internet di indonesia khususnya. Saya pernah memakai suatu merek modem dan memiliki quota personal dan saya sendiri mencoba konek dari suatu daerah yang memang jauh dari perkotaan, hasil yang saya dapatkan sungguh diluar dugaan, lambarnya suatu koneksi dan beratnya loding suatu halaman blog membuat saya jenuh, lalu saya coba membuka beberapa blog wah wah wah,,,, !! rokok pun habis satu bungkus dan saya dalam satu jam hanya bisa membuka 173 halaman dengan sempurnah saya rasa hal ini sudah dibawah standart, padahal saya masih membuka blog blog yang berbasis personal. Dalam percobaan ini saya memakai lettop yang sudah mempunyai aplikasi lengkap untuk koneksi dan prosesor cor i3 saya rasa ini sudah lumayan.

Jasa seluler genggam dan sejenisnya : Setelah saya konek ke jaringan internet dengan memakai seluler genggam dan beberapa alat lainnya yang sejenis, saya coba membuka beberapa halman blog ternyata dari hasil penelitian saya sendiri menghasilkan kenyataan yang tidak begitu memuaskan, ( Dalam hal ini saya tidak membahas soal template responsif ) Loding untuk membuka halaman suatu blog semakin lambat. Hal ini menjadi pertimbangan buat saya untuk membuat artikel tentang 10 faktor yang dapat memperlambat loding blog.

Kesimpulan

 

Dalam menyampaikan suatu informasi melalui koneksi jaringan internet yang kita tuliskan didalam sebuah halaman blog ada baiknya kita tetap memperhitungkan kecepatan loding suatu halaman blog untuk lebih memberikan kesan kenyamanan buat para pengunjung, agar tetap tertarik membuka halaman blog kita, sebab pengunjung blog yang kita miliki adalah suatu alasan penting untuk kita membuat blog di dunia maya.

Mempertimbangkan kecepatan loding suatu halaman blog akan sangat membantu hubungan baik antara pemilik blog dan pengunjung blog.

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe dibawah halaman . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubungi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

Share article with : Google+ Facebook Twitter
Di posting oleh : Unknown Update pada : 3:15 PM

20 comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Maaf sob blog ini bukan blog iklan jadi saya hapus, blog ini hanya membahas sesuai dengan artikel yang diposting. Untuk membuat iklan di blog ini silahkan hubungi admin.

    ReplyDelete
  3. Wah baru tau, ternyata ada beberapa hal yang bkin loading blog bs lama. bkin males klo lama. Mksih bos info nya. sukses selalu.

    ReplyDelete
  4. @felippe ..
    Makasih bang atas kunjungannya..
    balik makasih juga bang....

    ReplyDelete
  5. thx infonya gan..

    ReplyDelete
  6. thank ya gan info nya, tapi gan saya mau nanya gimana cara membersihakan scrip php yang tidak di erlukan dalam blog gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sob salam kenal dari saya..
      oh soal membersihkan script pada tubuh blog ada baiknya dilakukan secara manual saja sob sebab bila kita memakai CSS atau suatu script untuk menghilangkannya, dia hanya bersipat sementara, jadi saran saya baiknya langsung dihapus secara manual kodenya...

      makasih atas kunjungannya salam saya.

      Delete
  7. Maaf kang saya mau tanya apa hubungannya meta tag dengan kecepatan load halaman ya? :/ Saya masih bingung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meta tag itu adalah suatu fungsi informasi sebuah situs, tergadang para blogger terlalu banyak memasang code register dalam meta tag situsnya hal ini dapat menyebabkan loading akan semakin lambat sebab code meta register tersebut akan selalu konek terhadap penyedianya.. itu secara garis besarnya mas

      Delete
    2. Owalah gitu toh,,, emmm bisa kasih contoh code register itu seperti apa ya? :/

      Delete
    3. contoh register itu, misalkan register meta tag alexa, google, twitter, FB dll...

      Delete
  8. makasi infonya ..;d ...

    cm gmna membangun blog yg apik klo banyak fitur dikurangi, apa tdk ada template magazine yg bs fastloading ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pertanyaannya silahkan share di forum mas biar enak..

      http://diskusi.rivai.org/

      Delete
  9. Wah keren, pencerahannya sangat jelas, tapi ada gak solusi lain agar cepat tapi widget tetap lengkap. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya itu tergantung templatenya gan, dan fitur apa yang di pakai, kalo soal pemakaian widget lengkap sih pastinya tidak bisa gan , mungkin suatu hari bakal ketemu cara mengatasi ini heheh

      Delete
  10. Terima kasih infonya Bung Rivai, jadi pertimbangan besar buat blog saya yang carut marut, karena kebanyakan ide tanpa memikirkan akibatnya. Dan salam kenal.

    ReplyDelete
  11. KREN GAN INFONYA , KUNJUNGI BALIK YA

    ReplyDelete

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Salam bloger .. !!
Pergunakan semua fasilitas di Blog ini untuk mempermudah anda..
Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog